Jenis Media Pembelajaran Berteknologi Digital

Jenis-Jenis Media Pembelajaran Berteknologi Digital

Manajemen Pemanfaatan Media Pembelajaran

Teknologi digital yang dimanfaatkan sebagai media maupun sumber belajar harus dikelola dengan baik tidak hanya oleh Sahabat selaku guru. Di dalam proses ini dibutuhkan kerja sama dari pihak lain termasuk pimpinan dan manajemen sekolah hingga masyarakat atau orangtua peserta didik. Pemanfaatan media pembelajaran berteknologi digital di lingkungan sekolah akan  membentuk proses sistemik dengan komponen atau indikator terkait berikut:

ilustrasi gambar


Sumber belajar dan media pembelajaran memiliki berbagai macam keragaman, sehingga guru perlu mengidentifikasi dan memanfaatkan sumber belajar yang ada baik yang telah dirancang (by design) maupun yang tinggal memanfaatkan saja (by utilization). Klasifikasi sumber belajar terdiri dari: Pesan, Alat/Teknologi, Orang, Bahan, Teknik/Metode, Lingkungan/Latar.

Guru harus mengetahui karakteristik sumber belajar sehingga sumber belajar yang dimanfaatkan memang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan belajar. Sumber belajar yang dikembangkan harus memiliki fungsi sebagai berikut:

1) total teaching,

2) major resources, dan

3) suplemen view.

Pemanfaatan sumber belajar dalam proses belajar perlu diatur dengan baik mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi keberhasilannya.

Dari sisi pemanfaatannya di dalam pembelajaran, sumber belajar dibagi ke dalam dua jenis yaitu sumber belajar yang dirancang (by design) dan sumber belajar yang dimanfaatkan (by utilization). Perbedaannya adalah sumber belajar by design merupakan sumber belajar yang sengaja dirancang dan dibuat untuk kepeluan pembelajaran, misalnya buku pelajaran atau cd multimedia interaktif. Sedangkan sumber belajar by utilization adalah sumber belajar yang ada dan dapat diatur sedemikian rupa sehingga menjadi sumber untuk belajar, contohnya narasumber yang merupakan praktisi atau lingkungan sesungguhnya, seperti pasar, pabrik, bengkel, dll yang menjadi tempat mencari informasi pembelajaran tertentu. Teknik pemanfaatan ini berlaku juga untuk media pembelajaran digital.

1. Multimedia Interaktif


Untuk melihat-lihat contoh konten multimedia interaktif seperti di atas, silakan Sahabat kunjungi portal Rumah Belajar di alamat URL:

https://belajar.kemdikbud.go.id

kemudian Sahabat pilih fitur Sumber Belajar. Di dalam fitur tersebut terdapat beragam konten multimedia interaktif yang dapat Sahabat manfaatkan secara daring, ataupun diunduh dan dimanfaatkan secara luring.

2. Digital Video dan Animasi

Untuk melihat referensi video-video pembelajaran, selain mengakses di Rumah Belajar, Sahabat juga dapat melihatnya melalui channel YouTube Rumah Belajar atau Televisi Edukasi.

ilustrasi gambar


3. Podcast

Jika Sahabat tertarik untuk mendengarkan Podcast anda bisa mengunjungi tautan berikut: https://www.educause.edu/

Sahabat juga bisa mengunjungi tautan Radio Suara Edukasi yang ada di Rumah Belajar atau di URL berikut: https://suaraedukasi.kemdikbud.go.id/

atau Radio Edukasi (Yogyakarta) di https://radioedukasi.kemdikbud.go.id/

4. Augmented Reality (AR)

Fitur Rumah Belajar menyediakan konten AR

ilustrasi gambar


Augmented Reality (AR) dapat didefinisikan sebagai sebuah teknologi yang mampu menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata

5. Virtual Reality (VR)

VR adalah perpaduan dari pemrosesan gambar digital, grafik komputer, teknologi multimedia, sensor dan teknologi pengukuran, kecerdasan virtual dan buatan dan disiplin lainnya dalam satu, membangun lingkungan ruang tiga dimensi interaktif virtual yang realistis untuk manusia, dan merespons kegiatan real-time atau operasi untuk orang, yang membuat orang merasa seperti berada di dunia nyata.

ilustrasi gambar


VR adalah perpaduan dari pemrosesan gambar digital, grafik komputer, teknologi multimedia, sensor dan teknologi pengukuran, kecerdasan virtual dan buatan dan disiplin lainnya

6. Game-based learning dan Gamifikasi

Portal Rumah Belajar juga telah menghadirkan gamifikasi agar dapat dimanfaatkan seluruh siswa dan guru. Fitur ini bernama Edugame.

Ilustrasi gambar


Daftar permainan pada fitur edugame Rumah Belajar : https://belajar.kemdikbud.go.id/EduGame

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kuliah Umum Pembelajaran Berbasis TIK (Pembatik) Level 4

Kuliah Umum Pembelajaran Berbasis TIK (Pembatik) Level 4
BERBAGI DAN BERKOLABORASI BELAJAR BERSAMA RUMAH BELAJAR

WEBINAR RUMAH BELAJAR

WEBINAR RUMAH BELAJAR
BERGERAK MAJU BERSAMA RUMAH BELAJAR 04 NOV 2021 PKL 14.00-16.00

WEBINAR PAKKEMA RUMBEL

WEBINAR PAKKEMA RUMBEL
JANGAN LUPA SAHABAT 03 NOVEMBER 2021 PUKUL 13.30-15.30

Logo Pembatik

Logo Pembatik
Level 4 Pasti Bisa ditaklukkan

KELOMPOK 4 SRB TAHUN 2021

KELOMPOK 4 SRB TAHUN 2021
PAKKEMA RUMBEL (Pembelajaran Aktif Kreatif Menyenangkan Bersama Rumah Belajar)

SIR FAUJI-Sahabat Rumah Belajar

SIR FAUJI-Sahabat Rumah Belajar
Download segera Aolikasi Rumah Belajar di play store dan daftar dengan akun belajar.id

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Mengenai Saya

Foto saya
Muhammad Fauji
Saya adalah sosok pribadi yang ramah, terbuka dan suka sekali bersosialisasi. Menurut Saya ketika kita bersosialisasi dan bertemu banyak orang serta banyak bertanya maka kita akan mendapatkan hal-hal yang baru, pengalaman baru, ilmu yang baru serta memperbanyak teman. Dengan karakter Saya yang seperti itu Saya semakin luas dalam berfikir dan melihat sesuatu. Bagi Saya tidak ada kata rugi jika kita perbanyak pertemanan dan persaudaraan