Inovasi pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dan mesti dimiliki atau dilakukan oleh guru. Hal ini disebabkan karena pembelajaran akan lebih hidup dan bermakna dengan adanya inovasi. Berbagai inovasi tersebut diharapkan dapat memberikan motivasi kepada siswa agar lebih giat dan senang belajar. Seperti yang telah dipaparkan, pada hakikatnya sifat inovasi itu amat relatif, dalam arti inovasi yang kita lakukan sebenarnya barangkali sudah tidak asing bagi orang lain. Tetapi sebagai seorang guru yang setiap hari berinteraksi dengan anak, maka tidaklah salah apabila terus-menerus melakukan inovasi dalam pembelajaran. Kemauan guru untuk mencoba menemukan, menggali dan mencari berbagai terobosan, pendekatan, metode dan sistem pembelajaran merupakan salah satu penunjang akan munculnya berbagai inovasi-inovasi baru yang segar dan mencerahkan.
Simak Vidio dibawah ini
https://www.youtube.com/watch?v=MIR52xs4VIs
A. Langkah-langkah Inovasi dalam Pembelajaran
Untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran diperlukan langkah-langkah dalam melakukannya. Berikut adalah langkah- langkah yang bisa Sahabat coba.
1.Identifikasi Masalah dan Analisis Kebutuhan
Identifikasi masalah dan analisis kebutuhan merupakan langkah awal dari semua langkah inovasi dalam pembelajaran. Sebelum melakukan inovasi terlebih dahulu kita sebagai guru perlu mengidentifikasi masalah yang dihadapi
2. Penyusunan Rancangan Inovasi
Pada langkah identifikasi masalah dan analisis kebutuhan guru akan mendapatkan gambaran mengenai masalah yang dihadapi dan daftar kebutuhan apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran, termasuk analisis peralatan sarana dan prasarana TIK apa saja yang dibutuhkan.
3.Pengembangan Rancangan Inovasi
Rancangan inovasi pembelajaran yang tertuang ke dalam RPP perlu dikembangkan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Sahabat bisa mengajak rekan sesama guru untuk berdiskusi mengenai bagaimana pengembangan RPP ini dilakukan.
4. Pelaksanaan Uji Coba
Setelah semua bahan dipersiapkan dan dikembangkan lakukanlah uji coba. Sahabat jangan takut inovasi yang dilakukan tidak berhasil
5. Pengendalian dan Perbaikan
Ketika Inovasi sudah diuji coba maka yang selanjutnya kita lakukan adalah memperbaikinya. Dalam uji coba yang kita lakukan akan muncul hal-hal yang selama proses perancangan mungkin tidak terpikirkan akan terjadi
6. Implementasi
Setelah semua dirasa siap lakukanlah implementasi terhadap inovasi dalam pembelajaran. Kesiapan guru dalam mengimplementasikan inovasi pembelajaran ini menjadi kunci kesuksesan di lapangan.
7. Evaluasi
Dari kegiatan yang sudah dirancang, dikembangkan dan diperbaiki kemudian diimplementasikan selanjutnya dievaluasi untuk perbaikan pada kegiatan pembelajaran berikutnya. Dalam melakukan evaluasi perlu memperhatikan pertanyaan, Apa yang telah dilakukan dengan baik? Apa yang harus diperbaiki?
ilustrasi gambar |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar