Rencana Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Kelas

ilustrasi gambar


Satu hal yang tidak kalah penting dalam merencanakan pembelajaran adalah menuangkannya dalam bentuk dokumen rencana pembelajaran, atau yang biasa kita kenal dengan nama: RPP atau lesson plan. Lesson plan atau rencana pembelajaran bukan hanya dokumen yang guru susun untuk pemenuhan administrasi mengajar. Pembelajaran adalah proses berkelanjutan, bukan hanya guru menyampaikan materi yang sesuai dengan tujuan kognitif yang disusun.

Seiring dengan pertumbuhan akses ke teknologi informasi dan komunikasi, pendidik memiliki peluang yang semakin besar untuk bereksperimen dengan dan menyesuaikan perangkat keras dan perangkat lunak dengan praktik mereka saat ini. Integrasi TIK dalam pembelajaran dapat sangat bervariasi antara guru meskipun mengajarkan materi yang sama, karena ada berbagai alasan. Memahami tantangan yang dihadapi guru dalam integrasi teknologi merupakan langkah penting pertama untuk keberhasilan adopsi dan penggunaan TIK berkelanjutan.

Langkah awal yang dapat Sahabat lakukan adalah melakukan analisis kebutuhan (need analysis) atau penilaian kebutuhan (need assessment) berdasarkan kondisi dan sumber daya yang tersedia. Tentu saja hasil analisis/penilaian akan berbedabeda, karena Sahabat perlu ingat bahwa dengan berbeda kelas dan institusi maka akan ada perbedaan aspek.

Sebagai guru, Sahabat memerlukan kriteria untuk menganalisis/menilai kebutuhan akan integrasi dalam pembelajaran. O’Reilly (2016) dalam jurnalnya menuliskan 8 (delapan) aspek yang perlu disurvei sebelum mengadopsi dan mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran, yaitu:

  • kemampuan asesmen diri guru
  • pengunaan dan integrasi TIK
  • keyakinan guru
  • kendala akses
  • sumber daya untuk pengembangan profesional
  • kepemimpinan
  • kebutuhan dan keinginan
  • demografi

Setelah memperoleh hasil analisi/penilaian kebutuhan, apa yang kemudian perlu dilakukan guru? Ya, Sahabat perlu mempersiapkan lingkungan dengan baik sebelum menerapkan pembelajaran berbasis TIK. Lingkungan pembelajaran bisa bersifat fisik, seperti ketersediaan fasilitas belajar, atau pengaturan ruang kelas. Lingkungan pembelajaran juga meliputi hal-hal yang tidak bersifat fisik seperti: motivasi belajar, kreativitas, aturan dan regulasi, hingga dukungan manajemen dan orang tua.

Membuat RPP sebelum memulai pembelajaran seringkali dianggap beban administratif. Keharusan merencanakan pembelajaran bahkan tertuang dalam peraturan Menteri. Tujuannya baik, namun acapkali dianggap rumit. Pada awal tahun 2020, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memberikan arahan baru terkait RPP. Guru diberikan kebebasan dan kemerdekaan untuk membuat RPP dalam format satu lembar/halaman. Tujuan utama arahan tersebut adalah untuk meringankan pekerjaan administratif guru. Guru juga diajak untuk lebih kreatif mempersiapkan pembelajaran sehingga pada saat implementasi pembelajaran, proses belajar menjadi lebih bermakna. Aturan perubahan RPP tercantum dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019.

Silakan pelajari modul pembuatan RPP dengan mengintegrasikan TIK berikut: https://s.id/pranalamodulRPP 

Baca Juga Materi : Pemanfaatan TIK Pembelajaran dengan Pendekatan TPACK

Pusdatin Kemendikbud merupakan satuan kerja di bawah Sekretariat Jenderal yang memiliki tugas dan fungsi pendayagunaan TIK untuk pendidikan dan pengolahan data pendidikan dan kebudayaan. Layanan TIK yang diberikan oleh Pusdatin untuk berbagai pemangku kepentingan (stakeholders), antara lain:

  1. layanan infrastruktur TIK untuk satuan kerja
  2. layanan data pokok pendidikan, kebudayaan, dan Bahasa
  3. layanan produk (media dan metode) pembelajaran berbantuan TIK
  4. layanan peningkatan kompetensi TIK bagi SDM Pendidikan

Modul ini akan memfokuskan pada praktek pemanfaatan produk layanan Pusdatin untuk pembelajaran di kelas atau pun untuk moda pembelajaran jarak jauh. Tahukah Sahabat apa saja produk layanan pembelajaran yang dikembangkan oleh Pusdatin?


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kuliah Umum Pembelajaran Berbasis TIK (Pembatik) Level 4

Kuliah Umum Pembelajaran Berbasis TIK (Pembatik) Level 4
BERBAGI DAN BERKOLABORASI BELAJAR BERSAMA RUMAH BELAJAR

WEBINAR RUMAH BELAJAR

WEBINAR RUMAH BELAJAR
BERGERAK MAJU BERSAMA RUMAH BELAJAR 04 NOV 2021 PKL 14.00-16.00

WEBINAR PAKKEMA RUMBEL

WEBINAR PAKKEMA RUMBEL
JANGAN LUPA SAHABAT 03 NOVEMBER 2021 PUKUL 13.30-15.30

Logo Pembatik

Logo Pembatik
Level 4 Pasti Bisa ditaklukkan

KELOMPOK 4 SRB TAHUN 2021

KELOMPOK 4 SRB TAHUN 2021
PAKKEMA RUMBEL (Pembelajaran Aktif Kreatif Menyenangkan Bersama Rumah Belajar)

SIR FAUJI-Sahabat Rumah Belajar

SIR FAUJI-Sahabat Rumah Belajar
Download segera Aolikasi Rumah Belajar di play store dan daftar dengan akun belajar.id

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Mengenai Saya

Foto saya
Muhammad Fauji
Saya adalah sosok pribadi yang ramah, terbuka dan suka sekali bersosialisasi. Menurut Saya ketika kita bersosialisasi dan bertemu banyak orang serta banyak bertanya maka kita akan mendapatkan hal-hal yang baru, pengalaman baru, ilmu yang baru serta memperbanyak teman. Dengan karakter Saya yang seperti itu Saya semakin luas dalam berfikir dan melihat sesuatu. Bagi Saya tidak ada kata rugi jika kita perbanyak pertemanan dan persaudaraan